Apa Yang Bisa Kita Banggakan ?





Jika  pada suatu hari anda menjumpai orang yang mempunyai sifat angkuh dan membangga-banggakan apa yang dimilikinya, apa perasaan anda ?. marah, sakit hati atau bahkan tersulut kebencian yang berujung dendam ?. Memang sifat bangga kadang menjadikan orang jengkel dan kadang juga menjadikan orang malas bersahabat dengan siempunya sifat ini.

Nabi SAW mewanti kita supaya kita menjauhi sifat bangga terhadap diri sendiri, sebagaimana yang diriwayatkan oleh Imam Thabrani  bahwasanya Nabi Muhammad SAW bersabda “Ada tiga perkara yang membinasakan yaitu hawa nafsu yang dituruti, kekikiran yang dipatuhi, dan seorang yang membanggakan dirinya sendiri.” (HR. Ath-Thabrani dan Anas)

Seseorang tidak akan merasa bangga jika tidak memiliki apa-apa yang dapat dibanggakan, seseorang baru akan merasa bangga jika dia memiliki sesuatu yang tidak dimiliki oleh orang lain. Memang,  Tidak ada salahnya memiliki suatu barang yang tidak dimiliki oleh orang lain, namun jika kita kurang bisa mengendalikan jiwa, tidak dimungkinkan sifat bangga yang merusak itu akan menyelinap.

Sifat membanggakan diri akan menjadikan kita dijauhi, dimusuhi dan susah untuk bergaul karena masyarakat sekitar akan merasa enggan untuk berkumpul bersama kita. Yang ada jika berkumpul dengan seorang pembangga nantinya hanya akan mendatangkan malah petaka.

Ingatlah tidak ada suatu yang dimiliki seorang itu melainkan pemberian Allah dan pasti akan kembali kepada Sang Pemberi Segalanya, apapun itu bentuknya dan berapapun harganya, maka dari itu tidak ada satupun yang pantas kita banggakan selain keimanan kita terhadapnya. Karena berbagga dengan keimanan merupakan cirri seorang muslim yang kuat sebagaimana firman Allah dalam surat Ali Imron Ayat 139 “Janganlah kamu bersikap lemah, dan janganlah (pula) kamu bersedih hati, padahal kamulah orang-orang yang paling tinggi (derajatnya), jika kamu orang-orang yang beriman’’.

Written by

We are Creative Blogger Theme Wavers which provides user friendly, effective and easy to use themes. Each support has free and providing HD support screen casting.

 

© 2013 IPM Solokuro. All rights resevered. Designed by Templateism

Back To Top